Kamis

Cara Mudah Pindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD

Cara Mudah Pindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD - Halo sahabat android masih bertemu dengan saya lagi tentu saja di dunia Tutorial dan informasi seputar Android.

Nah teman-teman android untuk kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai cara memindahkan aplikasi Ke SD Card yang mana kali ini saya ingin memberikan beberapa cara mudahnya saja tanpa harus melakukan root sama sekali.

Kenapa hal ini perlu dilakukan ? Kembali lagi ke spesifikasi Smartphone android anda sendiri, hal ini di lakukan karena smartphone anda memiliki Jumlah atau kapasitas memory Internal yang jauh lebih kecil.

Biasanya yang menggunakan cara ini adalah pengguna android dengan spek memory sekitar 512 mb atau juga bisa sekitar 1 Gb ada juga yang ingin memindahkan aplikasi ke memory Card karena ingin membebaskan ruang di Internal Card.

Baca : Memperbaiki Layar Lcd Pada Laptop Bergaris

Nah teman-teman android yang masih pengguna baru pasti masih belum paham dengan cara mudah memindahkan aplikasi dari internal SD ke Eksternal SD.

Sebelum kita masuk ke pembahasan alangkah lebih baiknya kalau kita cara tahu terlebih dahulu apa itu perbedaan dari internal Card dan juga Eksternal Card itu sendiri, takutnya pada bingung perbedaan seperti apa yah. nah lanjut saja yuk.


Perbedaan dari internal Card dan eksternal Card :



Jelas saja sangat berbeda, dimana Internal card merupakan ruang atau kapasitas memory telepon yang sudah disematkan didalamnya, jadi untuk menambah memory Internal tentu saja tidak bisa.

Intinya memory ini digunakna untuk menampung semua sistem dari bawaan Android anda, mulai dari aplikasi sistem dan aplikasi lain yang anda download kemudian anda instal di hp anda.

Cara Mudah Pindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD


Bukan hanya itu saja, memory internal ini juga bisa menyimpan semua dokumen seperti File penting, Lagu, Video, Image dan lain sebagainnya.

Namun untuk memory internal ini sendiri sangat terbatas, kadang smartphone hanya di beri memory dari paling kecil mulai dari 512, kemudian 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB dan masih setingkat lainnya.

Baca : Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Untuk bermain game dengan size yang besar tentu juga harus memerlukan size yang besar juga guna menampung semua data game di android anda, oleh karena itu anda membutuhkan yang namanya Eksternal Memory.

Eksternal memory ini merupakan kebalikan dari internal memory, kalau tadi memory Internal ada dibagian dalam android anda maka eksternal memory ini ada dibagian luar, yang mana anda bisa menggantinya sesuai dengan spek Hp anda, dan tergolong lebih murah untuk harganya sendiri.

Memory internal ini berguna untuk memberikan tambahan ruang kosong untuk hp kalian, misalnya menyimpan gambar, Video dan lain sebagainya.

Nah bagaimana sudah paham dengan perbedaan dari internal memory dan juga eksternal memory bukan ? Lanjut ke pembahasan cara memindahkan aplikasi android ke Eksternal memory.


Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD



  • Langkah pertama siapkan terlebih dahulu memory card yang sudah anda beli, bisa ukurn 1 gb, 2 gb, 4 gb, 8gb sampai batas normal size untuk hp anda sendiri, jika terlalu besar Hp bisa matot atau hang tidak kuat.
  • Cari slot memory pada hp anda terlebih dahulu dan masukkan, jika dibawah baterai matikan terlebih dahulu.
  • Kemudian masuk ke Hp, masuk ke setting Apps. Kemudian pilih aplikasi mana yang mau di pindah, misalnya Line, klik line dan klik pindahkan ke SD Card, tunggu sampai proses pemindahan selesai.
  • Done sekarang aplikasi sudah berpindah, dan memory internal anda berkurang. Jika perlu semua aplikasi bisa anda pindahkan ke SD Card.
Keterangan :

Jika Eksternal memori sobat dilepas yang terjadi adalah yang anda pasang dan pindahkan ke momory Card tidak akan bisa dibuka. Hanya bisa di buka kalau anda memasang memory yang anda lepas tadi.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Pindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD. Semoga membantu