Senin

6 Cara Mudah Mengembalikan File Atau Data Doc/Xls Yang Terinfeksi Virus

Cara Mengembalikan File Atau Data Doc/Xls Yang Terkena Oleh Virus - Halo sahabat komputer, nah untuk kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas mengenai pembelajaran bagaimana cara mengembalikan atau bahasa Kerennya Recovery File dalam bentuk Doc maupun Xls, Ppt dan teman-temannya yang sudah terinfeksi Virus dan sudah tidak bisa dibuka lagi dapat kalian buka dengan menggunakan beberapa langkah yang akan saya berikan,  Pasalnya sekarang banyak kasus fle dalam bentuk Doc maupun dalam bentuk xls dan juga teman-temannya sering sekali terinfeksi oleh berbagai Virus Komputer yang susah dan sulit untuk diatasi. Misalkan saja virus dari Flasdisk atau bisa juga Virus dari DVD Player. Hal ini sungguh meresahkan banyak pengguna PC maupun Laptop yang hendak mengerjakan tugasnya. 

Sebenarnya File atau Data yang ada di laptop atau PC anda itu tidak terhapus atau hilang, kalau anda tidak merasa menghapus data tersebut jadi tenang saja karena File tersebut hanya saja di sembunyikan oleh Virus agar tidak terlihat pada bagian Folder yang kita buka. Hal ini memang sangat meresahkan kita pasalnya kita tidak bisa melihat folder manapun yang terinfeksi Oleh Virus.

6 Cara Mudah Mengembalikan File Atau Data Doc/Xls Yang Terinfeksi Virus

Cara Mudah Mengembalikan File Atau Data Doc/Xls Yang Terinfeksi Virus


Ok sahabat komputer sampai disini dulu pengantarnya. Mari Kita langsung mencoba bagaiamana caranya agar File yang sudah terinfeksi virus ini dapat kembali lagi atau recovery File, perhatikan baik-baik cara dibawah ini yah.
Cara recovery File yang terinfeksi Oleh Virus
  • Langkah pertama silahkan kamu harus menginstal anti Virus yang kuat misalkan saja yaitu Bitfender atau juga bisa mencoba antivirus Kerpesky. Dan kalau ingin memproteksi flasdisk anda  bisa menggunakan smadav. 
  • Kemudian langkah berikutnnya anda bisa mencoba untuk membuka  Folder yang terinfeksi Virus letaknya dimana misalkan tersembunyi di flasdisk, maka anda bisa langsung melakukan scan didalam Flashdisk dengan menggunakan antivirus yang sudah anda instal. Dan coba jika flasdisk berhasil discan biasanya File akan kembali lagi seperti NORMAL atau akan terlihat lagi seperti biasanya.
  • Atau biasanya yang tidak kita sadari yaitu Virus bisa saja mengubah settingan pada Hidden dan View pada komputer anda, jadi anda tidak menyadari bahwa semua File yang ada di laptop atau PC anda di Hidden file atau dibuat tersembunyi. Untuk mangatasinya kalian bisa masuk pada menu Tools  >> Control Panel >> Folder Option. Selesai deh disitu kalian bisa mengembalikan Hiden File menjadi View atau terlihat kembali.
  • Maka setelah anda melakukan setting pada Hidden File Semua folder yang ada di komuter anda yang masih tersembunyi semuanya akan terlihat samar-samar terlebih pada bagian Flashdisk yang masih terinfeksi. Terus bagaimana cara untuk membuatnya tampak seperti Folder sungguhan ? caranya sangat mudah kita akan menggunakan CMD ( Comand Prompt).
  • Langkah pertama silahkan buka CMD bisa menggunakan RUN ADMINISTRATOR, kemudian ketikkan *.* -s –h –r /s /d lalu tekan ‘Enter’. Untuk keterangannya sendiri akan saya jelaskan terkait dengan simbol-simbol diatas tersebut :
-S : System ( merupakan tanda negatif yang menghilangkan system)
-H : Hidden ( tanda Negatif yang menghilangkan atribut system)
-R: Read Only ( Merupakan tanda negatif yang menghilangkan atribut READ only)
/S : Untuk apply atribut dalam sub directori
/D : Untuk apply atribut dalam directori.

  • Nah kalau kalian sudah menjalankan cara seperti yang sudah saya lakukan. Bisa dipastikan folder yang terinfeksi virus akan normal kembali.

Ok sekian artikel saya kali ini semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua yang mengami masalah terkait dengan cara mengembalikan File Doc atau XLS yang terinfeksi virus. Terimakasih