Senin

Penjelasan dan Pengertian Lengkap Tentang Cara Kerja Sistem Komputer

Cara Kerja Sistem Komputer - Komputer merupakan sebuah perangkat yang bisa melakukan apa saja. Anda bisa melihat bahwa Komputer pada era Kejayaannya masih banyak digunakan oleh orang-orang untuk menyelesaikan pekerjaan mulai dari pekerjaan Perusahaan, Bisnis, Sekolah, Kuliah dan lain-lainnya.

Hingga sekarang Komputer keberadaanny masih bisa dikenal oleh orang, dari jaman ke jaman perkembangan sistem Komputer semakin hari semakinn Canggih saja. Dengan berbagai Model dan Variasi mulai dari bentuk, Display, Perangkat softwere maupun hardwere semuanya mulai berubah menjadi lebih Modern, Perkembangan hal tersebut berlanjut sampai pada pembuatan Komputer tampa kabel atau Portabel yaitu kita biasa menyebutnya sehari-hari sebagai Laptop.

Sebuah inovasi dari para ahli untuk menciptakan komputer tanpa kabel Listrik untuk mendapatkan daya. Tapi tahukah anda dengan cara kerja sistem komputer yang selama ini banyak digunakan oleh anda maupun digunakan oleh orang lain ? sangat disayangkan kalau anda tidak tahu dengan cara kerja atau sistem kerja dari Komputer itu sendiri. Nah disini saya akan menjelakan kepada anda sedikit saja bagaimana sih cara kerja komputer itu. 

Apakah sama dengan Generasi baru sekarang ? atau malah lebih ketinggalan ? nah berikut penjelasan lebih rincinya ya.


Cara kerja sistem Komputer :

Penjelasan Lengkap Tentang Cara Kerja Sistem Komputer

  1. INPUT DEVICE
    Yang pertama yaitu Input Device, merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memasukkan data luar dalam bentuk Hardwere kedalam Komputer sehingga data bisa di akses melalui program komputer itu sendiri. Misalnya Input Device yang kita ketahui dan sering kita Gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Flashdisk, DVD Player, Speaker, Printer out, Audio, dan lain-lain sebagainya. 
  2. Unit Kontrol dan Pemprosesan
    Kemudian yang kedua yaitu Unik Kontrol atau Pemprosesan dari Komputer  Itu sendiri yaitu CPU. CPU menjadi bagian terpenting dari perangkat komputer itu sendiri. Ibaratnya tubuh manusia CPU merupakan Otak yang akan memberikan perintah dan juga akan memproses data yang kita mau. Bisa dikatakan disini CPU mempunyai peran untuk melakukan proses pengeluaran dan pemasukan dari data yang di berikan dari luar maupun dari dalam.
  3. Intruksi Sistem OperasiSistem Operasi atau OS.
    Komputer memiliki banyak pilihan os yang bisa digunakan misalkan saja OS yang digunakan oleh Komputer pada jaman dulu yaitu menggunakan Os Linux kemudian berkembang lagi menggunakan OS Windows model lama dari Microsoft Yaitu Windows XP dan Windows Vista. Sebenarnya OS windows ini untuk apa sih bagi komputer ? yaitu sebagai program atau tempat anda merunning sistem yang ada didalam komputer yang anda miliki. Misalkan anda ingin menyetel Lagu, atau juga ingin bermain Games, menginstal aplikasi dan lain sebagainya. OS windows juga merupakan bagian terpenting dari susunan dan jajaran sistem komputer itu sendiri.
  4. Memory (Internal Dan Eksternal)Kemudian yang kedua yaitu Memory Internal dan Eksternal. Yaitu memory yang digunakan sebagai penyimpanan data dalam komputer. Biar lebih jelasnya akan saya jelaskan satu persatu terlebih dahulu yah. Memory internal adalah memory yang sudah tertanam dalam tubuh Komputer itu sendiri yang disebut dengan hardiks. Dimana Hardisk ini berfungsi untuk menyimpan semua data anda. Mulai dari aplikasi-aplikasi dan File-file yang lainnya. Biasanya kapasitasnya tergantung dari spesifikasi komputer itu sendiri. Kemudian memory eksternal. Adalah memory yangs sifatnya hanya untuk penambah saja seperti flashdisk dan Hardisk Eksternal. Bisa digunakan untuk menyimpan data juga.Output
  5. Yang terakhir yaitu Output. Atau sistem keluaran, biasanya berupa Printer dan juga Sound yang akan mengeluarkan hasil pemprosesan dari CPU.

    Ok sampai disini dahulu sahabat teknisi. Semoga semakin jelas dengan artikel yang sudah saya berikan. Terimakasih atas kunjungannya artikel lainnya juga akan di update di blog ini. Jangan lupa untuk berkunjung