Selasa

Ini Bocoran Smartphone Terbaru Nokia?

Kabar kembalinya Nokia di pasar smartphone memang santer diberitakan sejak akhir tahun lalu, tapi kabar tersebut belum terbukti hingga sekarang. Sebuah informasi terbaru menyebutkan perusahaan asal Finlandia ini ternyata tengah mengembangkan smartphone terbaru.
 Dilansir dari laman Android Autorithy, Senin (4/4/2016), berdasarkan informasi dari sumber anonim, Nokia dikabarkan akan merilis smartphone yang diberi nama Nokia A1 yang rencananya akan dipasarkan pada pertengahan tahun ini.
 Bahkan, saat ini sudah di internet sudah beredar render tampilan smartphone yang diduga kuat Nokia A1. Dari bocoran tersebut dapat dilihat Nokia A1 tak lagi mengusung desain Lumia yang menjadi ciri khasnya, melainkan tampilan baru yang lebih orisinal.
Selain itu, Nokia A1 juga menjalankan launcher besutan Nokia, Z Launcher, dengan basis sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.Beberapa informasi yang berhasil diketahui di antaranya adalah Nokia A1 akan menggunakan layar 5,5 inci. Sementara untuk chipset, smartphone ini akan menggunakan Snapdragon 652 dari Qualcomm.
Melihat spesifikasi tersebut, beberapa analisis memperkirakan Nokia A1 ditujukan sebagai smartphone kelas menengah. Pilihan itu dinilai tepat oleh beberapa pihak sebab pasar smartphone mid-level memang tengah memanas, sekaligus langkah awal yang baik bagi Nokia untuk mulai terjun ke pasar smartphone Android.
Namun, perlu diingat bahwa Nokia belum memastikan informasi ini, jadi tak tertutup kemungkinan akan ada perubahan yang dilakukan perusahaan tersebut.
Kabar kembalinya Nokia ke pasar smartphone memang menjadi perhatian setelah perusahaan tersebut menjual divisi perangkatnya ke Microsoft. 
Untuk itu, pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016 lalu, CEO Nokia Rajeev Surimenuturkan Nokia akan menggandeng partner yang tepat untuk bisnis ponselnya.