Minggu

Apa Penyebab Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri Saat Booting? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Ini Lho Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya – Memiliki komputer atau PC yang bagus kadang menjadi dambaan semua orang terlebih memiliki spek yang tinggi dan cocok digunakan untuk bermain games mungkin itu juga menjadi harapan tersendiri untuk anda sebagai para pecinta games. 

Tapi bagaimana yang sudah punya laptop atau pc yang sudah bagus namun sering restart sendiri pada saat kita menjalankannya dengan waktu yang cukup lama, apasih penyebabnya kok komputer sering restart sendiri ? Apakah anda menggunakannya dengan waktu yang sangat lama sehingga proseccor tidak kuat untuk menjalakan kinerja yang terlalu panas ? nah oleh karena itu saya akan membahasnya secara detail berserta dengan cara penanganannya sendiri. Silahkan diperhatikan baik-baik yah sabahat komputer.

Apa Penyebab KomputerTiba-Tiba Mati Sendiri Saat Booting? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apasih penyebab Komputer Restart sendiri ?


Komputer atau PC kadang jika digunakan dengan waktu yang cukup lama entah kemudian akan mengalami restart baik dengan jangka waktu yang lumayan lama dan ada yang cepat pula, tapi yang kita cari disini apa sebenarnya penyebab terjadinya restart pada komputer atau PC kita ketika kita menggunakanya dalam waktu yang lama. Berikut penjelasannya dari saya pribadi.

Penyebab Komputer mengalami restart :


Processor Kepanasan

  • Ternyata penyebab komputer atau pc anda cepat mati sendiri atau sering restart karena processor PC anda kepanasan atau biasanya banyak digunakan untuk bermain games tanpa memberikan pendingin pada bagian processor sehingga membuat fungsi prcessor yang normalnya sebagai pengatur pekerjaan dari Komputer tidak kuat lagi menanggung beban yang diberikan sehingga membuatnya maltifungsi. Nah disini ada upaya untuk mengatasinya agar processor anda tidak cepat panas dan tidak mengakibatkan komputer anda mati atau restart terus. Ini dia caranya .
  • Yang pertama yaitu dengan mengecek menu pada hardwere BIOS yang ada di komputer anda dan lihat seberapa suhu panas dari processor yang sudah terpakai.
  • Kemudian yang kedua dengan membongkar CPU dari komputer anda dan lihat pada bagian pendingin apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Biasanya pendinginin yang tak fungsi menyebabkan komputer mengalami restart dengan sendirinya. 

Power Suplay tidak menyala dengan baik

Kemudian yang kedua yaitu ketika kita menyalakan PC atau komputer maka akan terdengar bunyi kipas di bagian power suplai di CPU anda, pastikan kipas yang ada di power suplay berjalan dengan baik. Untuk memastikan apakah kipas bisa berjalan dengan baik silahkan bngkar dan kemudian nyalakan lagi komputer tanpa menutup tabung CPU biar anda bisa memastikan bahwa keadaan dari kipas power suplai masih bisa bekerja dengan baik. 

VGA rusak

Kemudian yang ketiga penyebab komputer restart sendiri karena diakibatkan VGA komputer anda yang bekerja untuk menampilkan layar di dekstop mati total atau rusak biasanya akan langsung bluescreen atau juga langsung mati total tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Untuk mengatasinya jika VGA memang benar rusak anda bisa membelinya lagi karena kalau masih memperbaikinya akan memakan biaya yang lebih mahal juga.


Yang keempat yaitu hardisk bad sector, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan aplikasi clean hardisk yang bisa anda download aplikasinya di internet. Monggo silahkan dicoba.

Demikian beberapa Penyebab komputer Tiba-tiba mati sendiri dan juga cara mengatasinya dengan mudah. Terimakasih.