Selasa

HP Android Cepat Panas? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

HP Android Cepat Panas? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya - Selamat malam sahabat android, apakah anda pernah menanyakan kenapa hp android saya cepat sekali panas pada saat didalam celana ( dikantongi), saat main game dan yang lain-lain. Pada dasarnya orang belum mengerti gejala panas yang terjadi pada smartphone mereka semua itu adalah hal yang biasa saja. Bukan karna penyebab hp nya yang kurang bagus, Tetepi lebih dikarenakan oleh aktifitas smartphone yang terlalu banyak membuka aplikasi. Bahkan untuk kelas seperti samsung pun banyak yang mengeluhkan hal yang seperti itu.

HP Android Cepat Panas? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya



Android sangat cepat panas adalah sifat yang normal. dan semua itu terjadi hampir di setiap ponel. baik itu di iphone, windows dan pada sistem android itu sendiri. Sebenarnya ya sahabat, panas terjadi berasal dari batre android kita. Karna digunakan secara bekala dan bebarengan dengan banyaknya aplikasi yang dibuka dan digunakan seperti main game, nonton video dan sms an dan masih banyak aktivitas yang lain.

Jika android sangat panas dan daya batre cepat habis bisa di pastikan batre sudah rusak. Namun jika tidak seperti itu masalah sahabat adalah android yang panas tidak enak pakai dan mengharuskan mengistirahatkan android sejenak hingga dingin kembali.

Cepat panasnya android tidak hanya dari batre saja, bisa juga sumber panas berasal dari kerja ram atau cpu atau hardware yang lain. makanya android yang minim spesifikasinya cenderung mudah sekali untuk panas jika di pakai agak lama untuk membuka aplikasi yang agak berat yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

8 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Dan Penyebabnya


1. Coba Ganti Baterai

Seperti yang sudah admin katakan diatas. jikalau daya baterai cepat banget ngedropnya atau mati secara tiba-tiba bisa sangat dipastikan baterai sudah tidak normal lagi alias rusak.

2. Selalu Jauhkan Dari Sumber Panas Dari Luar

Perlu kita ketahui bahwa sumber panas tidak hanya berasal dari smartphone android itu sendiri, melainkan dari luar seperti kondisi cuaca yang sangat panas, meletakkan diatas tv, atau terlalu dekat dengan oven yang masih hidup, sampingan dengan cooling laptop yang mengeluarkan panas dari samping body laptop.

3. Saat di Charge Hp Android Jangan digunakan

ini paling sering admin jumpai ketika bertemu teman, kebiasaan mereka adalah memainkan android ketika di charge batrenya. itulah yang menyebabkan android sahabat mudah sekali panas. dan dampak buruknya yaitu bisa mengakibatkan batre yang terpasang di android sahabat bisa menggelembung.

4. Keluarkan semua aplikasi yang sedang berjalan dan tidak digunakan

caranya yaitu dengan memilih seperti menu pilihan kemudian geser kekiri untuk membuang aplikasi.

5. Cek Aplikasi yang sudah terinstal

Silkahkian cek aplikasi yang sudah terinstall, apakah ada aplikasi yang membuat CPU harus bekerja terus terusan walaupun tidak digunakan. ada juga aplikasi tidak berjalan sesuai dengan seharusnya. masalah seperti ini tentu akan membuat baterai anda menjadi tidak normal dan cepat panas.
Cara Mengatasinya yaitu, sahabat android bisa melihat semua kerja aplikasi yang sudah terinstal melalui task manager yang biasanya ada di bawaan android. atau bisa juga memakai aplikasi tambahan seperti watchdog. Aplikasi ini bisa membantu sahabat memantau kinerja aplikasi di android. Jadi kalo android cepat sekali panas mudah-mudahan aplikasi ini memberikan petunjuk.

6. Jangan Menutup (bekap) android 

Pemakain casing yang sangat berlebihan mungkin bisa membuat panas pada android. karna casing yang belebihan android sahabat akan kesulitan mencari signal. ada penyebab lainnya seperti android sahabat di disimpan dalam tas, kotak kecil penyimpanan. Solusi agar tidak panas silahkan buka casing berlebihan agar android mendapatkan angin segar hehe,


7. Overclock Android

Apa itu overclocking? yaitu metode atau cara yang di pakai user untuk bisa meng-upgrade kecepatan smarphone menjadi lebih dari kemampuna standarnya android. Tentunya dengan overclok ini baterai akan lebih cepat dropdan panas. 
Solusinya adalah sahabat bisa menggunakan aplikasi seperti underclock agar bisa mengatasi trouble cepat panas secara tiba-tiba.

8. Beri waktu istirahat android sahabat

cara ini paling banyak dipakai orang untuk mengistirahatkan android mereka. cara ini sangat efektif menurunkan panas pada android. matikan ponsel sahabat kemudia  lepas semua casing dan tunggulan sampai android kembali dingin setelah itu silahkan di pasang kembali.

Demikianlah artikel tentang mengatasi hp android yang mudah panas dan cara solusinya. semoga bermanfaat untuk sahabat. terimakasih sudah berkunjung :)