Kamis

Tips Merawat Laptop/ PC yang Baik Dan Benar

Mempunyai laptop ataupun PC merupakan kebanggan sendiri bagi setiap orang, yang mana PC dan juga laptop sangat berguna untuk membantu pekerjaan anda setiap harinya, mulai dari pekerjaan kantoran, kemudian sekolah, Kuliah dan lain sebagainya. Yang mana Laptop sudah menjadi bagian dari para pekerja kantoran dan juga lain sebagainya. Bukan hanya itu saja laptop atau pc merupakan jantung dari anak kuliahan yang mana mereka sangat membutuhkannya untuk menyusun dan juga menyelesaikan tugas perkuliahan. Jadi kalau anda mempunyai laptop yang masih baru anda harus pandai-pandai untuk merawatnya dengan baik, ingin tahu seperti apa cara merawat laptop atau Pc dengan baik dan juga benar ? Simak ulasannya dibawah ini.




Bersihkan CPU komputer anda


Yang pertama yaitu dengan membersikan CPU komputer anda. Dimana CPU merupakan otak dari Komputer anda yaitu berfungsi sebagai pemproses semua program data yang anda jalankan dari pc anda. CPU juga sebagai tempat untuk menaruh semua sistem hardwere yang dikemas rapi sehingga lebih mudah untuk digunakan. Mulai dari DVD Room kemudian penempatan HHD Eksternal dan lain sebagainnya yang bersatu menjadi sebuah kompenen yang komplek sebagai sumber Dari pemprosesan data komputer/ pc anda. Oleh karena itu sekali dalam seminggu anda bisa membongkar CPU anda dan bersihkan dalam nya dengan menggunakan kapas dan juga menggunakan kuas biar lebih mudah.

Jangan Menggunakan Jaringan Internet Di Musim Hujan


Kemudian yang kedua yaitu anda harus hati-hati dalam menggunakan jaringan internet, dimana jaringan internet ini terhubungan dengan berbagai Radio signal yang ada di Udara, bisa jadi pada saat musim hujan komputer kamu bisa tersambar petir dengan mudah. Oleh karena itu pada saat musim hujan alangkah lebih baiknya matikan semua koneksi Internet ataupun sinyal wifi yang terhubung dari laptop kamu. Lebih baik gunakan mode air Plane yang bagus pada sata hujan petir datang , sehingga kamu masih bisa menggunakan laptop dan PC kamu untuk kegiatan lainnya.

Matikan Komputer Dan Laptop sesuai Dengan Prosedur



Terkadang kita menggunakan laptop  ataupun PC kadang lupa pada saat kita terburu-buru untuk pergi, entah itu lupa atau disengaja yang pasti pada saat itu kalian mematikan komputer atau Laptop tidak sesuai dengan petunjuk yang benar, bisanya petunjuk yang benar yaitu melalui menu start  > kemudian Turn off Komputer. Biasanya kalau orang-orang yang terburu-buru akan langsung menekan Tombol power yang ada pada bagian papan Keyword dan juga pada dekstop Komputer. Cara ini sangat salah karena bisa menghapus seluruh data dan juga Proseccor tidak bekerja dengan baik setelah anda menggunakannya. Atapun pada saat anda menyalakannya kembali akan sedikit error.

Uninstal Program Yang Tidak berguna


Yang selanjutnya yaitu dengan menguninstal Program ataupun aplikasi yang tidak terlalu digunakan dan hanya membuat berat sistem RAM dan juga membuat tipis ruang memory saja, nah untuk itu gunakan aplikasi yang memang sangat di perlukan untuk pekerjaan anda saja, tidak usah menggunakan aplikasi yang besar dan juga bermacam-macam karena akan membuat laptop kamu lebih berat lagi.

Cara lainnya  :


  1. Aktifkan sistem Restore pada komputer ( Untuk menanggulangi pada saat sistem error)
  2. Cermati Ventilitas dan juga pendingin 
  3. Gunakan kabel Ground untuk aktivitas Laptop atau PC anda
  4. Gunakan laptop atau PC hanya 8 jaman saja, setelah itu istirahatkan 1 jaman saja untuk mendinginkan mesin kembali.


Ok sahabat tekno terimakasih sudah berkujung.