Kamis

Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi BAD Sector Pada Hardisk (HDD)

Hardisk merupakan sebuah penyimpan internal yang ada di Dalam PC maupun yang ada didalam Laptop anda yang mana peran hardisk sebagai alat penyimpanan semua jenis file yang mendukung sistem Windows. Dimana hardisk pada komputer atau PC juga digunakan sebagai tempat pengoperasain dari Komputer itu sendiri sebagai wadah sistem dalam menjalankan proses dan juga pengeluaran. 

Kita harus tahu bahwa hardisk ternyata juga bisa rusak jika digunakan dengan tidak hati-hati yaitu misalnya dengan menyimpan file hingga penuh dan terinfeksi dengan virus sehingga menyebabkan hardisk anda tidak bekerja dengan baik, kerusakan pada hardisk ini sering sekali disebut dengan namanya bad Sector bisa terjadi karena benturan dan juga kinerjanya yang semakin melemah di dalam komputer atau PC. 

Nah untuk itu kita harus tahu apa itu BAD SECTOR mulai dari penyebabnya dan juga cara penanganannya sendiri, nah informasi lebih lanjut lihat dibawah ini penyebab dari terjadinya bad sector :


  1. Melemahnya pada bagian piringan magnetik yang mana kinerjanya digunakan tanpa henti misalnya dalam pengiriman dan juga menerima file terlalu sering sehingga piringan semakin melemah dan terjadi bad sector.
  2. Kemudian terjadi karena goncangan pada hardisk ketika sedang bekerja namun bergesekan dengan Head sehingga menyebabkan kinerjanya malfungsi oleh karena itu terjadi bad sector.
  3. Kurangnya suplai listrik pada Laptop atau PC anda sehingga kinerja head tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan hal ini membuat masalah pada poses baca untuk data.
  4. Susunan data tidak teratur juga bisa menjadi penyebab terjadinya bad sector yang akan membuat pembacaan data dari hardisk sendiri tidak bekerja dengan baik sehingga dapat membuat bergesernya platter dan membuat lemahnya piringan Head.

Cara mengatasi Hardisk yang bad sector :



  1. Untuk melihat dan mengecek apakah hardisk masih berfungsi dengan baik yaitu dengan mengunjungi pada bagian Komputer sendiri, anda bisa masuk kepada bagian Device manager, jika anda pengguna windows 7 maka anda bisa mengetikkan pencarian menggunakan (CTRL + F) lalu akan menemukan Device manager  klik 2 kali dan cari pada bagian Hardisk dan tekan klik kanan lihat pada propertis. Kemudian langsung klik Check Now.
  2. Atau juga bisa dengan menggunakan cara ini, masuk ke komputer  Klik kanan bisa pilih mana hardisk yang akan dicek lalu klik kanan  propertis > check Now. Lihat gambar dibawah ini biar lebih jelasnya.Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi BAD Sector Pada Hardisk (HDD)
  3. Kemudian yang kedua dengan menggunakan bantuan dari aplikasi perbaiki HHD dengan menggunakan aplikasi HHD generator yang akan memulihkan dan juga membuat hardisk kamu bekerja dengan normal kembali seperti biasanya.
Bad sector merupakan dimana hardisk mengalami masalah pada bagain piringan magnetik yang melemah akibat adanya gesekan dan juga kinerjanya yang kurang stabil karena suplai listrik yang diberikan kurang. Nah oleh karena itu anda harus hati-hati dalam menggunakan PC maupun komputer anda ya. 

Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel mengenai pengertian, cara dan juga penyebab hardisk (HHD) Mengalami bad sector bisa diatasi dengan baik yah. Bagaimana sahabat tekno sudah paham dengan artikel kami ? Semoga bisa segera membantu permasalahan anda dalam mengatasi Komputer anda yang mengalami bad sector dan tentunya juga anda bisa berbagai tips ini kepada yang lainnya juga ya