Rabu

Pengertian Dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer

Pengertian Dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer - Prosesor sering disebut dengan otaknya sebuah komputer. Yang namanya otak pasti sangat penting sekali bagi sebuah komputer. Prosesor merupakan unit/komponen paling utama yang mempunyai dampak terbesar dalam sebuah rangkaian komputer.

Tanpa adanya prosesor, Komputer tidak akan bisa jalan sebagaimana mestinya. Lalu apa sih penjelasan lengkap dari prosesor dan apa saja fungsi nya? simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Prosesor (Processor)


Jika kita lihat dari fisiknya prosesor adalah sebuah IC yang tugasnya menghandel dan mengontrol semua aktifitas yang akan dilakukan oleh sistem komputer. Dilihat dari bentuknya prosesor komputer terlihat kotak persegi dan dibawahnya terdapat chip chip yang tidak boleh dipegang langsung dengan tangan telanjang tanpa alas.
Pengertian Dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer
Processor LGA 1155
Prosesor terletak tepat dibawah headsing kipas, Jadi posisi tepatnya nempel dengan headsing sehingga ketika komputer dalam keadaan hidup prosesor tetap dalam stabil performanya dan tidak panas.

Perlu diketahui untuk pemasangan prosesor ke dalam motherboard harus disesuikan. maksudnya jenis prosesor dan motherboard socketnya harus sama agar bisa dipasang.

Dalam memilih prosesor sobat harus mengetahui betul dan teliti agar tidak sesuai dengan keinginan. dalam hal ini sobat harus memperhatikan yang namanya TDP prosesor yang harus sama dengan motherboardnya.

Otaknya sebuah komputer ini mempunyai nama lain yang khas yaitu microprosesor.


Bagian Terpenting dari Sebuah Prosesor ( Processor )


ALU yaitu kependekkan Aritcmatics Logical Unit yang bertugas menghitung semua aritmatika yang diperintahkan oleh program.

CU yaitu kependekkan dari Control unit yang tugasnya adalah mengatur semua aktifitas nya Input, Proses dan Output.

MU kependekkan dari Memory unit yaitu sebuah penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan mengakses lumayan tinggi.

Baca : 10 Cara Mudah Flash Asus Zenfone 5 Yang Bootloop


Fungsi Dari Prosesor ( Processor )


Fungsi Processor secara umum yaitu bertugas hanya memproses data yang di inputkan kemudian di proses dan akan menghasilkan output. Prosesor tidak akan bisa berkeja sendiri tanpa mendapatkan dukungan dari Ram, harddisk untuk mengolah sebuah data.

Cepat atau lambatnya kerja komputer bisa sangat dipengaruhi oleh kecepata prosesornya. pada saat ini processor tercepat yang saya ketahui adalah Processor Intel® Core™ i7 [i7-4960X Xtreme Edition]
Hexa Core, 3.6 GHz, 130W, 15MB Cache, Socket LGA2011.


Demikian Artikel Tentang Pengertian Dan Fungsi ( Prossesor ) Komputer. semoga bisa membantu kesulitan sobat. Terimakasih sudah berkunjung