Rabu

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer -  Tanpa kita sadari ternyata setiap harinya kita selalu berhubungan dan menggunakan jaringan komputer.

Mungkin kata Jaringan komputer sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan. Mari kita bahas apa sih yang dimaksud dengan jaringan komputer itu?

Jaringan Komputer secara singkat adalah sebuah sistem yang berdiri lebih dari satu komputer. Dimana antara komputer tersebut saling berhubungan sehingga terjadilah interaksi yang menyebabkan saling bisa berbagi data.

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer


Jaringan Komputer terhubung melalui media komunikasi dan tranmisi yang bisa sharing file data bahkan perangkat keras komputer.

Jaringan Komputer bisa diartikan sebagai terminal terminal komunikasi yang terhubung antara dua komputer atau lebih.

Jaringan Komputer dibangun dengan tujuan yaitu supaya data atau informasi yang dikirim oleh pengirim bisa sampai ke penerima dengan cepat tepat dan akurat.

Dengan Jaringan komputer ini kita sangat mudah untuk saling bertukar berita dan informasi sehingga menjadikan komunikasi lebih gampang dan effisien.

Jika dalam perusahaan Jaringan Komputer ini sangat penting sekali untuk di integrasikan dengan komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh banyak data yang relevan.


Macam-macam Jaringan Komputer


Didalam Jaringan Komputer ada sub 5 Kategori pokok yang perlu anda ketahui dan pahami :

1. Dilihat dari Jangkauan Geografis.

- LAN => Adalah jaringan yang menjangkau area terbatas saja, Lan banyak digunakan di installasi warnet, Kantor atau sekolah. Biasanya jangkauan Local Area Network ini tidak lebih dari 1 Km Persegi saja.
Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer

Teknologi yang digunakan Jaringan LAN adalah ethernet IEEE 802.3 yang kecepatan transfernya berkisar antara 100 sampai 1000 MB/s. Tak jarang juga ada yang menggunakan teknologi jaringan Nirkabel yaitu Wfi-fi untuk jaringan LAN.

- MAN (metropolitan area network) => Yaitu tipe Jaringan yang bisa menjangkau suatu kota bahkan wilayah mempunyai kecepatan transfer data yang tinggi. bahkan ini bisa disebut gabungan antara beberapa jaringan LAN.

Jarak yang bisa dijangkau menggunakan Jaringan MAN kisaran 100 sampai 150 KM. Sayangnya MAN cuma memiliki satu atau beberapa kabel dengan Switching elemen yang berguna untuk rancangan menjadi lebih gampang.

- WAN => Wide area network yaitu termasuk jaringan yang sangat luas jangkauanya dapat mencakup suat wilayah geografis yang luas. contohnya sebuah negara atau dunia.

Biasanya WAN dipakai untuk mengkoneksikan beberapa  jaringan lokal sehingga user pengguna bisa berkomunikasi walaupun di tempat yang berbeda dan jauh.

2. Dilihat dari Distribusi Sumber Data atau Informasi.

- Jaringan Terpusat

Yaitu Jaringan yang terpusat. Maksudnya terpusat bagimana? Terpusat disini merupakan client hanya sebagai perantara ke Komputer server untuk mendapatkan/akses data. Jaringan Terpusat ini tidak memiliki alat untuk memproses data.

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer

- Jaringan Terdistribusi

Kenapa disebut denga jaringan terdistribusi? yaitu hasil dari penggabungan antara beberapa jaringan terpusat sehingga menyebabkan antara komputer server dan client bisa saling berhubungan membentuk sebuah sistem tertentu.


3. Dilihat Dari Media Tranmisi Yang Diinginkan.

- Kabel Jaringan atau Wired Network

Dalam jaringan ini kabel merupakan media utama yang digunakan untuk tranmisi data. Fungsi dari kabel disini yaitu untuk menghubungkan antar komputer yang ada didalam suatu jaringan. Dengan demikian antar komputer tersebut bisa saling bertukar data/informasi atau terkoneksi dengan internet.

Kabel paling Populer dari dulu hingga zaman sekarang adalah kabel UTP. Karna jika dibandingkan dengan kabel yang lain seperti STP kabel UTP harganya lebih murah. Selain itu kabel ini lebih flexibel dan mempunyai pelindung alumunium.

Kelemahan kabel UTP adalah Mudah terkelupas, dan tidak cocok untuk skala yang besar.

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer

- Jaringan Wirelles Network/Nirkabel

Dalam bertukar informasi jaringan wirelles tidak menggunakan kabel seperti jaringan wired network. Media tranmisi yang digunakan dalam jaringan ini memakai Gelombang Elektromagnetik (menggunakan signal wifi).

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer


4. Dilihat dari TOPOLOGI JARINGAN

Topologi jaringan yaitu struktur atau bentuk yang mengkoneksikan beberapa komputer client dan server. Menurut wikipedia Topologi jaringan adalah adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama seperti di bawah ini. Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk lebih detailnya silahkan baca di Topologi Jaringan Komputer Lengkap dengan Gambar.


5. Dilihat dari Peranan Dan Hubungan Tiap Komputer Dalam Pemrosesan Data


- Jaringan Client-Server

yaitu terdiri dari beberapa komputer Client dan satu komputer server. Jaringan Client-server berfungsi menyiapkan sumber daya data untuk komputer client.

- Jaringan Peer To Peer

Berbeda dengan jaringa Client-server. Didalam jaringan ini antar komputer server dan client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi fungsinya sama, Komputer server bisa jadi client dan sebaliknya komputer client bisa jadi server.

Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat Jaringan Komputer


Banyak banget manfaat yang diberikan Jaringan Komputer untuk kita agar mudah nya bertukar informasi. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh :
  • Lagi lagi jika digunakan dalam perusahaan Jaringan Komputer sangat membantu sekali. Contohnya adalah ketika didalam perusahaan tersebut memerlukan banyak printer yang harus disediakan untuk memfasilitasi komputer masing-masing karyawan. Dengan memanfaatkan Jaringan Komputer hanya diperlukan 1 printer lumayan bagus sudah cukup yang nantinya disetting menggunakan cara sharing printer. Jadi semua karyawan yang terhubung di jaringan komputer tsb bisa menggunakannya.
  • Memanfaatkan jaringan komputer dalam pengiriman dan penerimaan data bisa lebih cepat akurat dan effisien,
  • Walupun berbeda negara kita tetap bisa berkomunikasi jarak jauh
  • Kemudahan mengakses data yang disebarluaskan oleh orang melalui internet.