Sabtu

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Power Supply Pada Komputer

Pengertian Dan Fungsi Power Serta Cara Kerja Supply Komputer - Sebelum saya jelaskan Apa itu power supply, Menurut sobat apa sih power supply itu pasti sobat sudah tau bukan? jadi power supply yaitu hardware atau perangkat keras yang berbentuk kotak didalamnya berisi kabel kabel yaitu untuk menghubungkan tegangan ke perangkat keras lainnya.

Jika posisi PC (Personal Komputer) berdiri sobat bisa mengetahui posisi tepat power supply. Perangkat keras ini terletak didalam casing dan letaknya dibagian belakang atas casing dari komputer. Power supply dapat merubah tegangan arus listrik yang tadinya AC menjadi searah (DC). Input power supply sendiri adalah arus bolak-balik.

Power Supply mampu menampung besarnya tegangan arus listrik tergantung daya dan dihitung dengan satuan Watt.

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Power Supply Pada Komputer


Fungsi Power Supply Komputer
----------------------------------------------------------------------



Tugas utama dari power supply adalah penyuplai tegangan arus listrik kepada komponen hardware lain yang berada dalam casing antra lain yaitu, motherboard, hardisk, dvd romv vga card. Selain itu power supply berfungsi merubah tegangan arus listik yang AC menjadi DC. Dengan begitu komponen-komponen komputer akan berjalan, karna komponen komputer hanya bisa beroperasi dengan menggunakan arus DC.

Cara kerja Dari Power Supply

Cara kerja power supply sering disebut dengan power good, dimana jika sobat tekan tombol power pada casing komputer maka power supply akan mengecek semua komponen hardware komputer apakah semua sudah normal atau belum (sebelum system start). Jika semua sudah siap maka power supply akan mengirim sinyal kepada motherboard.

Dari penjelasan diatas sebenarnya masih ada yang perlu sobat ketahui. Dimana power supply juga mempunyai jenis jenis konektor power supply. disitu sobat bisa mengetahui apa saja konektor yang dimiliki oleh power supply salah satunya adalah konektor 20/24 pin ATX MOTHERBOARD.

Demikianlah artikel tentang pengertian fungsi dan cara kerja Power supply pada sebuah komputer. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. dan terimakasih sudah berkunjung :)