Minggu

[PENJELASAN HARDWARE] Pengertian dan Fungsi CD/DVD ROM Komputer Dan Notebook (LAPTOP)

[PENJELASAN HARDWARE] Pengertian dan Fungsi CD/DVD ROM - Sebenarnya tanpa saya jelaskan pun sobat pasti sudah tau pengertia dan fungsi dari sebuah DVD. Tapi yasudahlah berhubung saya suka nulis dan ingin berbagi dengan semua maka akan saya jelaskan mengenai pengertian dan fungsi dari dvd.

[PENJELASAN HARDWARE] Pengertian dan Fungsi CD/DVD ROM Komputer Dan Notebook (LAPTOP)


Pengertian CD ROM (Optical Disk)


Baca : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Power Supply Pada Komputer

Pada dasarnya DVD adalah kotak kecil yang berfungsi membaca sebuah kaset yang sudah sobat beli entah itu filem, video tutorial, game atau di burning sendiri. Secara umum dari bentuk nya hardware DVD ada dua jenis yaitu ATA/IDE atau SATA. Sebelum komputer pentium IV keluar dvd tipe ATA/IDE ini sangat banyak dan laris digunakan oleh user pada zaman nya. Ketika era komputer pentium IV keatas tipe dvd ini sudah tidak ada lagi dipasaran karena pabrikan tidak memproduksi lagi. Dan pada saat ini sudah ada penggantinya yaitu DVD jenis SATA.

Dari bentuk kabelnya saja antara dua jenis optical disk ini sudah beda, Coba sobat lihat gambar dibawah ini.

beda kabel sata dengan ata


FUNGSI CD ROM (Optical Disk)

Jadi fungsi CD/DVD Rom yaitu hanya bisa membaca cd saja. kalo sobat memasukkan kaset dvd didalam cd rom maka dapat dipastikan tidak akan terbaca olehnya. ingat ya fungsi cd rom hanya bisa membaca.

JENIS-JENIS CD/DVD


Baca : CARA INSTALL ULANG LAPTOP ASUS X4XX SERIES WINDOWS 7

1. CD ROM => Hanya bisa membaca kaset yang bentuknya cd saja.
2. CD RW => Bisa membaca dan menulis (burning) kaset yang bentuknya cd.
3. DVD ROM => beda sedikit dengan cd rom, DVD Rom bisa membaca bentuk kaset cd dan dvd.
4. DVD RW => ini adalah tipe dvd yang paling hebat, funsi dia yaitu bisa membaca semua bentuk kaset cd dan dvd. Selain itu dvd tipe ini dapat sobat gunakan untuk burning kaset cd/dvd.