Selasa

Tips/Cara Mengatasi Problem Komputer Yang Gagal Masuk Ke Windows

Cara Mengatasi Problem Komputer Yang Gagal Masuk Ke Windows - Ketika menghidupkan komputer ehh tau tau kok windows malah ada masalah tidak bisa masuk ke desktop, ada beberapa pesan error yang di tampilkan oleh windows tersebut. salah satunya adalah " No bootable device-- insert boot disk and press any key ".

Untuk mengatasi masalah seperti tulisan diatas yaitu dengan masuk ke pengaturan BIOS (Basic Input Output System) didalam nya ada pengaturan yang namanya Boot Order. Lihat dan pastikan apakah booting pertama (first) sudah Hardiks jika belum silahkan diganti dulu menjadi hardisk kemudian simpan (save).


Ada Beberapa Penyebab Windows Mengalami Gagal Booting Pada Windows 7:


1. File system pada windows ada yang terhapus secara tidak sengaja terutama yang berada di windows/system32. file didalam folder itu sangat riskan kalo bisa di hidden agar tidak terhapus.

2. Terdapat kerusakan pada hardware komputer sobat, solusinya adalah dengan melepas semua komponen hardware yang terpasang. Selanjutnya silahkan sobat bersihkan menggunakan kuas khusus untuk membersihkan kotoran berupa debu. Jika sudah dibersihkan semua silahkan sobat pasang kembali di motherboardnya. Penting saat membersihkan komponen2 tersebut komputer harus dalam keadaan mati ya sobat :).

3. Terjadi Crash atau Freeze
Hal ini juga bisa terjadi dikarenakan ada kerusakan hardware dan software

4. Terjadi Bluescreen (tampilan layar biru)
pada saat itu memang windows terlihat loading setelah itu windows mengalami BSOD (Blue Screen Of Death). Masalah ini bisa terjadi biasanya karna driver tidak cocok dengan hardware sobat. Dan akan terlihat setelah selesai mengupdate driver tersebut.

5. Update Windows tidak 100% selesai
Ini akan menyebabkan windows mengalami gagal booting, biasanya ketika anda terkoneksi dengan internet maka secara otomatis windows akan memperbarui file file yang sudah update dari microsoft. Agar masalah ini tidak muncul yaitu dengan mematikan fitur windows update yang terdapat pada control panel.


Cara mengatasi masalah Windows Gagal Booting yaitu :

  • Cara termudah pertama yang harus dilakukan adalah repair windows sobat, caranya masukkan cd atau dvd windows kemudian ubah boot pertamanya menjadi dvd rom/cd rom setelah itu save and exit. Jika sudah maka proses akan berjalan dan akan sampai ke bagian pilihan repair windows.

Tips/Cara Mengatasi Problem Komputer Yang Gagal Masuk Ke Windows


  • Masuk "Safe Mode"
    caranya dengan menekan tomobol F8 terus menerus setelah menghidupkan power komputer sobat sampai terlihat tulisan safe mode. Jika sudah masuk selanjutnya pilih start =>All Program=>Accessories=>System Tools=> System Restore. Pilih choose a different restore point. tujuannya agar bisa memilih tgl berapa yang akan direstore.
    Tips/Cara Mengatasi Problem Komputer Yang Gagal Masuk Ke Windows
  • Pastikan tidak ada yang dirubah pada pengaturan BIOS.
    jika bingung ada yang dirubah apa gak pilih load defaul saja.
  • Dan yang paling sering terjadi ketika windows gagal booting adalah driver vga yang tidak support dengan hardwarenya. sobat bisa menghapusnya melalui safe mode dan pilih device manager.
Demikian artikel tentang Cara mengatasi problem komputer yang gagal masuk windows. terimakasih sudah berkunjung :)