Selasa

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk Is of GPT Partition Style.

Cara Mengatasi “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of GPT partition style.” - Masalah seperti ini muncul pada saat menginstall windows 7 ke windows 8.1 orang-orang nyebutnya dengan upgrade hehe.

Upgrade memang dibutuhkan untuk pemahaman kita diwindows yang baru yaitu dinaikkan menjadi versi windows yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Masalah mulai muncul pada saat partisi, Jadi masalah seperti ini. Ketika drive C/ system sudah saya hapus ternyata eh ternyata partisi tidak bisa dibuat lagi. Malah memberitahukan bahwa partisi yang harus digunakan adalah GPT.


Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk Is of GPT Partition Style.


Baca : Menambahkan IDM Pada Google Chrome Dengan Mudah | Mengintegrasikan IDM Dengan Chrome

Kurang lebih keterangnya dalam bahasa inggrisnya seperti ini

"Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of GPT partition style"

Saya sempat bingung bagaimana cara mengatasinya. mikir mikir saya punya ide bagaimana kalo semua data yang ada di dalam harddisk lebih tepatnya di local disk D saya pindah dulu ke harddisk Eksternal.

Sudah tepat sih IDE saya diatas untuk memindahkan data ke hard drive lain. Tapi pake apa ya cara mindahnya tanpa harus mengambil hdd di dalam casing komputer/laptop?

Baca : Cara Mengetahui Tombol Recovery Semua Laptop (Notebook & Netbook)

Pada akhirnya saya nanya sama kawan yang kerja di toko komputer. Setelah agak lama ngobrol yaudah akhirnya di pindahlah semua data yang ada di dalam hdd ke hdd lain menggunakan Hirens Boot. 

Setelah semua data tersimpan di dalam harddisk yang lain sekarang saatnya mulai menginstal windows 8.1 lagi. Kemudian sampai di bagian partisi saya hapus semua partisi dan saya buat partisi ulang dari awal. Sehingga partisi tersebut berubah menadi format GPT

Baca : Pengertian Master Boot Record (MBR) Beserta Penjelasan Lengkapnya

Mudah kan caranya? Sobat tidak perlu khawatir kehilangan data lagi.

Oh iya jika memang tidak ada data penting di dalam harddisk langsung format semua saja partisi yang ada. Selanjutnya dibuat ulang. beres dahh urusan

Setelah itu sobat bisa lanjutkan lagi installasi windows 8 nya.