Minggu

Pengertian Dan Jenis-Jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian Keyboard Jenis-Jenis Komputer Beserta Fungsinya - Keyboard merupakan salah satu perangkat input berupa huruf, angka dan simbol-simbol sesuai dengan kebutuhan penekanan.

Jadi Fungsi Keyboard sangat penting sekali untuk memasukan perintah-perintah kedalam system komputer dengan begitu komputer akan memproses dan mengerjakan apa yang kita perintahkan.

Didalam Keyboard ada beberapa fungsi-fungsi berdasarkan tombolnya yang perlu kita pahami sebagai pengguna komputer. Jika sudah paham kita akan tidak akan menemukan kesulitan dalam penggunannya. Simak dibawah ini :


Jenis-Jenis Keyboard Komputer :



Jenis Keyboard berdasarkan bentuknya

  • Keyboard serial
  • Keyboard PS/2
  • Keyboard USB
  • Keyboar Wireless

Jenis Keyboard berdasarkan simbolnya

  • Keyboard QWERTY
  • Keyboard Maltron
  • Keyboard Numeric
  • Keyboard Dvorak
  • Keyboard Alphabetic
  • Keyboard Chord
  • Keyboard Klockenberg
  • Epic-Bluethooth Virtual Keyboard



Fungsi Keyboard Dilihat dari Simbolnya 




Dilihat dari gambar diatas terdapat tombol funcion keys, spesial keys, lock keys, numeric keys, normal keys, direction keys, numeric keypad. sombol-simbol tersebut tentunya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Mari kita bahas dibawah ini.

Function keys bisa definisinya berbeda-beda dalam sebuah komputer, tergantung pada posisi apa kita menggunakannya. contohnya ketika masih diposisi DOS yaitu pertama menghidupkan komputer, kita ambil saja misal fungsi f2. Tombol pada saat di DOS bisa digunakan biasanya untuk masuk ke menu BIOS.

lain halnya jika sudah masuk didalam windows atau kita membuka aplikasi tentu saja tombol F2 ini berbeda fungsi.

Spesial Keys merupakan tombol spesial yang ada di keyboard. Rata-rata disemua jenis keyboard tombol spesial keys ini pasti ada. kita ambil contoh dari salah satu tombol spesial keys tsb, disitu ada  prt Scr Sys Rq artinya adalah bisa digunakan untuk mengambil gambar screenshoot yang kita inginkan untuk disimpan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca artikel dibawah ini.

3 Cara Jitu Mengambil Gambar Screenshot Windows 7,8 dan 8.1

Numeric Keys merupakan tombol yang digunakan untuk memasukkan angka. Jika sobat tekan bersamaan denga tombol Shift maka akan berbeda hasilnya.

Normal Keys tentunya tidak usah saya tuliskan disini sobat pasti sudah memahami apa itu normal keys.

Direction Keys atau anak panah keyboard digunakan untuk memposisikan kursos sesuai dengan keperluan.

Numeric Keys hampir sama dengan function keys numeric ini bisa digunakan untuk memasukkan perintah output angka jika numlock kita hidupkan. Namun jika tidak akan berfungsi pada tulisan tepat dibawah angka.

Sebenarnya masih ada lagi fungsi keyboard berdasarkan per tombolnya. Mungkin akan saya tuliskan pada kesempatan yang lain hehe.

Demikian artikel tentang Pengertian Dan Jenis-Jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat. Terimakasih sudah berkunjung.