Sabtu

Sejarah Perkembangan Internet Terlengkap Dari Awal Sampai Sekarang

Terlengkap Sejarah Internet Dan Perkembangannya Dari Dulu Sampai Sekarang - Seperti halnya sebuah perusahaan besar yang mempunyai sejarah, Internet juga memiliki sejarah yang harus kita ketahui dari awal hingga sekarang.

Sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan internet sangat pesat di era moderen ini. Nah maka dari itu kita sebagai pengguna internet seenggahknya harus tau apa saja perkembangan internet.

Internet atau Interconnection Networking pertama kali didirikan oleh pemerintah amerika serikat tepatnya departement pertahanan yaitu pada tahun 1969. Waktu itu pemerintah amerika sedang ada proyek yang bernama ARPANET. Dengan adanya proyek ini munculuah ide dari masyarakat yang menuntut bagaimana caranya bisa berkomunikasi jarak jauh hingga seluruh dunia.

ARPANET sendiri merancang dirinya berbentuk sebuah jaringan yang mana nantinya semua data bisa dipindahkan. Setelah standar sudah ditetapkan maka dari itu menjadi sejarah pertama protokol baru yang pada saat ini kita kenal dengan TCP/IP.

Sejarah Perkembangan Internet Terlengkap Dari Awal Sampai Sekarang


Pada saat itu ARPANET dibangun karna keperluan departement pertahanan amerika. Ketika itu militer Amerika serikat mencoba membuat sebuah jaringan komputer yang nantinya bisa terhubung antara tempat dan daerah vital di negara mereka dengan tujuan bisa membantu menghindari militer AS dari serangan Nuklir.

Saat pertama didirikan ARPANET hanya bisa tersambung dengan empat website saja diantaranya, Universitas santa barbara, Stanford Research, california, University of Utah. Kemudian bergabunglah mereka dan membentuk 1 jaringan terpusat yaitu pada tahun 1969.

ARPANET diperkenalkan untuk dunia tepatnya pada tahun 1972, dan pada akhirnya arpanet dengan cepat bekembang ke semua daerah. Dengan begitu membuat semua universitas dinegara yang tergabung mengiginkan untuk terhubung. Dan membuat arpanet sendiri susah mengatur.

Sehingga setelah muncul masalah tersebut pihak arpanet memecah menjadi dua bagian yaitu : MILNET & ARPANET. yang mana arpanet digunakan untuk kepentingan militer dan arpanet dimanfaatkan untuk kepentingan universitas.

Dari kedua nama milnet dan arpanet kemudian digabunglah nama tersebut disederhanakan menjadi DARPA internet. Mengikuti perkembangan zaman pada akhirnya nama DARPA di sederhanakan lagi yang saat ini kita kenal sebagai internet.



Budaya Internet


Dengan berkembang pesatnya dunia internet membuat banyak orang dengan mudah mendapatkan informasi dari internet melalui mesin pencari. Contohnya seperti Google, yahoo, bing dan lain-lain.

Dengan modal mesin pencari tersebut semua orang dari kalangan apapun bisa mendapatkan informasi yang bermacam macam dari internet. Jika dibandingkan dengan buku ilmu akan sangat mudah tersebar diseluruh dunia menggunakan internet.

Pengaruh Internet di Dunia Perekonomian

Jika dikaitkan dengan dunia ekonomi, internet sangat berpengaruh untuk perkembangan transaksi jual beli. Sebelum adanya internet transaksi jual beli hanya bisa dilakukan dengan cara ketemu langsung antara penjual dan pembeli.

Dan jika pembeli jauh dari luar kota biasanya penjual mengirimkannya melalui pos. Dengan adanya internet seperti sekarang ini transaksi jual beli sangat mudah dilakukan tanpa harus bertatap muka, Penjual tinggal memajang barang dagangannya di internet melalui website dan memasang harga. Sehingga si calon pembeli dengan mudah melihat barang beserta harganya. Dengan begitu transaksi jual beli akan sangat cepat dilakukan.


Tata Tertib Yang harus dipatuhi Dalam Menggunakan Internet

Dalam memanfaatkan teknologi internet ini masyarakat tidak boleh sembarangan membuat statement menghina atau merusak nama baik seseorang. atau apapun yang dapat merugikan orang lain. Alasannya kenapa?? internet juga mempunyai tata tertib yang harus di patuhi.

Jika orang tersebut melanggar tata tertib yang dibuat maka dapat dipastikan terkena Nettiquette atau kalo di negara kita indonesia dikenal dengan nama netiket atau Undang Undang ITE (UU-ITE).

Kecepatan Internet

Internet yang stabil dan cepat tersedia di Kore Selatan. Dinegara itu masyarakatnya mempnya akses jalur bebas (Brodband) hampir 50%. Pada umumnya internet memiliki dua jalur yaitu Jalur Lebar dan diapup.


Penggunaan Internet Di Tempat Umum

Sekarang ini internet sudah digunakan dan ada dimana-mana mulai dari laptop hingga gadget yang keren dan canggih. Namun jika dilihat penggunaan internet ditempat umum yaitu seperti Warnet, Cafe, bahkan perpustkaan menggunakannya.

Tokoh-Tokoh Internet

Tidak hanya di masyarakat kita yang mempunyai tokoh. Pada internet juga memiliki tokoh yang bernama Tim Berners-Lee. Ini adalah penemu word wide web atau sering dikenal dengan www.