Sabtu

Komponen Pembangun Sistem Komputer

Komponen Utama dan Pokok Pembangun Sistem Komputer Software, Hardware Dan Brainware - Didalam sebuah sistem komputer tentunya ada komponen atau faktor pendukung dibangunnya sebuah sistem komputer.

Komponen pembangun sistem komputer tersebut ada 3 macam yaitu , Hardware, Software Dan Brainware. Sistem komputer tidak akan bisa jalan dan berfungsi dengan sempurna jika tidak didukung dengan ketiga jenis komponen diatas.

Sistem komputer bisa diibaratkan dengan anggota tubuh kita. Jika salah satu anggota tubuh merasakan sakit maka respon akan diberikan oleh mata dengan mengeluarkan air mata. Begitulah kekompakan didalam sistem komputer. Yang jelas diantara mereka bertiga tidak bisa dipisahkan.


Komponen Pembangun Sistem Komputer



Pengertian Hardware didalam Sistem Komputer

Didalam sebuah komputer ada yang namanya Hardware atau perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk proses input output sebuah komputer. Hadware didalam sistem komputer sangat mudah dilihat dan bisa disentuh.

Komponen Pembangun Sistem Komputer


Diantara hardware hardware tersebut adalah Motherboard (papan induk), Ram/Memory, Harddisk (penyimpan data), Optical Dvd ( Membaca Kaset), Processsor (otak nya Komputer), Monitor ( menampilkan display ), Keyboard & Mouse ( input huruf dan angka ) terakhir yaitu Power supply ( sebagai sumber arus listrik ).

hardware tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan diantaranya saling mendukung.

Pengertian Software didalam Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer tidak akan bisa berjalan jika didalamnya tidak ada perangkat lunak. Software berperan penting untuk digunakan sebagai intruksi-intruksi yang akan diberikan oleh brainware. Jadi Tanpa software hadware tidak akan bisa digunakan.

Komponen Pembangun Sistem Komputer


Jika dilogika mana mungkin hardware sistem komputer tersebut bisa jalan tanpa adanya software sebagai program untuk inturksi (perintah). Diantara software tersebut yang paling penting harus ada di dalam sebuah sistem komputer adalah sistem operasi.

Jika sistem operasi sudah terinstall di komputer maka anda bisa melakukan aktivitas seperti mengetik, mendengarkan musik, menonton film dengan sedikit aplikasi tambahan.

Pengertian Braindware didalam Sistem Komputer

Braindware adalah orang yang mengoperasikan atau menggunakan komputer tersebut. Komputer dengan spesifikasi dan teknologi sebagus apapun kalau tidak ada yang menggunakannya maka komputer tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya.

Kita perlu ketahui bahwa komputer hanya terdiri dari kumpulan alat elektronika yang harus selalu didukung oleh software dan braindware agar komputer bisa beroperasi dengan semestinya

Komponen Pembangun Sistem Komputer

Kesimpulannya : Karena fungsi central yang dimiliki masing-masing komponen yaitu hardware, software dan braindware mereka tidak bisa saling terpisahkan. Karena jika antara komponen tidak hadir maka dapat dipastikan komputer tidak bisa beroperasi.